Ramadhan Gembira,ASN Pemprov Gorontalo Dipastikan Terima TPP Sebelum Idulfitri

Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, mengumumkan dalam acara pertemuan dengan pemimpin media dan jurnalis di Restoran Coffee Toffee, Kota Gorontalo, pada hari Rabu, 12 April 2023, bahwa Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo akan dibayarkan sebelum hari raya Idulfitri. Hamka menekankan bahwa seluruh TPP, tanpa potongan. Hamka juga memastikan bahwa pembayaran yang tertunda selama beberapa bulan akan dibayarkan secara penuh.

Menanggapi keterlambatan pembayaran TPP, Sekretaris Daerah Pelaksana Pemerintah Provinsi Syukri Botutihe menjelaskan bahwa hal itu disebabkan oleh status Gubernur sebagai pejabat sementara. Menurut Syukri, seorang gubernur pelaksana memiliki proporsi yang lebih besar dari pejabat pemerintah pusat daripada gubernur definitif.

“Memang ada perbedaan antara gubernur definitif dan gubernur pelaksana dalam konteks mekanisme administratif. Setiap keputusan strategis yang diambil oleh gubernur pelaksana harus dikonsultasikan dengan pemerintah pusat melalui Menteri Dalam Negeri,” jelas Syukri.

Alasan lain untuk keterlambatan, menurut Syukri, adalah perubahan struktural organisasi dan proses penilaian pegawai Pemerintah Provinsi Gorontalo. Namun, Syukri memastikan bahwa tidak akan ada keterlambatan pada tahun berikutnya karena Pemerintah Provinsi Gorontalo secara kelembagaan beroperasi normal.

“Alhamdulillah, bisa dibayarkan minggu ini. Kita harus bersyukur atas jaminan dari Penjabat Gubernur bahwa TPP ini akan dibayarkan penuh tanpa potongan,” tambahnya.

Pengumuman pembayaran TPP di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo adalah kabar baik bagi para pegawai yang telah menunggu pembayaran mereka selama beberapa bulan. Jaminan dari Penjabat Gubernur dan penjelasan dari Sekretaris Daerah Pelaksana Pemerintah Provinsi memberikan kejelasan dan transparansi dalam proses administratif. Harapannya pembayaran akan dilakukan tepat waktu, seperti yang dijanjikan, dan akan memberikan dampak positif pada semangat dan produktivitas para pegawai.[]/foto:pemprovgorontalo

editor: Redaksi